Pages

November 26, 2013

Akan Menjadi Siapa Saya?

 
"Jadilah seperti binar dalam sebuah kegelapan. Dengan begitu kamu akan menjadi seberkas binar yang sangat berharga."


Hidup ini memang tidak praktis. Semuanya butuh proses. Tidak bisa terjadi dengan cepat. Berbicara tentang cepat, saya bukanlah tipe orang yang cepat dalam memahami suatu hal. Saya harus mencerna kalimat berulang-ulang untuk mengetahui makna dari kalimat tersebut. Saya juga terlalu banyak memikirkan risiko dari apa yang saya lakukan. Karena itulah saya menjadi kurang percaya diri untuk memulai aksi. Ini sangat menyedihkan. Parah sekali.
“Apa harapan-harapanmu? Ingin menjadi siapa saat kamu dewasa? Seperti siapa pribadi yang kamu inginkan? Siapa diri kamu sebenarnya? Apa yang kamu lakukan untuk mencapainya? Sudahkah kamu siap dengan segala hal yang ada di depanmu?”
Banyak orang yang bertanya hal itu kepada saya. Bahkan jiwa saya pun menyerbu saya dengan pertanyaan serupa. Ini memang rasanya sedikit menakutkan jika dipikirkan. Saya merasa sering kebingungan untuk menemukan, “Siapa sih saya sebenarnya?” Kadang saya merasa kosong. Merasa buntu. Saya belum tahu akan hanyut dalam arus atau mengikuti hati saya.

Namun seiring berjalannya waktu, kali ini saya akan berusaha mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Saya menyadari, saya sudah SMA. Atau mungkin masih SMA ya? Entahlah. Yang jelas saya bukanlah anak kecil lagi yang merengek kepada ibunya untuk dibelikan barbie.
Pertanyaan di atas mungkin akan mempunyai jawaban yang berbeda saat saya TK, SD, SMP, SMA dan bahkan saat saya sudah tua nanti. Saya menyadari bahwa bertanya kepada diri saya sendiri tentang harapan saya dan ingin menjadi siapa saya ke depan, merupakan hal yang penting dalam setiap kehidupan. Dengan cara tersebut, jika saya merasa terombang-ambing, jawaban inilah yang akan memulai hari-hari saya. Memotivasi saya agar dapat menjernihkan pandangan untuk menemukan jalan yang tepat.
Saya akan membiarkan diri ini bebas. Bebas yang dapat dipertanggungjawabkan. Bebas berekspresi, memiliki impian apapun sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Saya akan membebaskan diri saya untuk berubah, tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.
Salah satu jalan untuk membuat saya merasa bahagia dan berharga adalah menemukan diri saya sendiri. Saya sangat tahu, memang bukanlah hal yang mudah untuk menemukan arah dan tujuan. Saya harus melihat apa yang saya yakini.
Saya tahu bahwa kehidupan saya sudah digariskan oleh-Nya. Dan saya juga tahu, ada beberapa hal yang dapat saya ubah jika saya memiliki kemauan keras untuk mengubahnya. Tak ada satu halangan pun yang dapat mengendurkan semangat saya. Saya yakin, saya pasti memiliki talenta dan mampu menyelesaikan permasalahan.
Dan mulai detik ini saya akan selalu berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Saya juga akan merealisasikannya secepat mungkin. Saya yakin, saya pasti bisa!
AYO SEMANGAT! HIDUP KAMU TERLALU BERHARGA JIKA HANYA DIGUNAKAN UNTUK BERMALAS-MALASAN!
Salam

6 comments:

  1. Memang sulit, memastikan dan menetapkan seperti apa kita seharusnya... tapi, bukankah kita harus punya cita-cita? nah cita-cita itu yang akan mengarahkkan pada kita untuk memnyaring segala hal yang kita benar-benar butuhkan dan tidak ... so, make a dream. Salam kunjungan rutin :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, iya setuju sekali. dgn cita-cita kita jadi memiliki tujuan, tidak hanya mengalir mengikuti arus :D

      Delete
  2. Hidup sekali, hiduplah yang berarti. Hidup bukan hanya sekedar hidup tapi harus ada manfaat dari kita yang kita tinggalkan untuk generasi setelah kita, itu baru kehidupan yang sesungguhnya bukan, salam kenal farida :)

    ReplyDelete

Sampaikan komentar kamu :D