Pages

March 8, 2014

Waktu dan Uang, Pilih Mana?


Ada seorang teman yang pernah bertanya pada saya,

“Menurutmu uang sama waktu lebih penting yang mana?”

Sejujurnya sih saya bingung mau menjawab apa. Uang dan waktu sama esensialnya. Namun menurut saya lebih esensial waktu. Uang hilang bisa dicari lagi, tapi kalau waktu hilang tidak bisa dicari lagi. Dengan waktu kita bisa memperoleh uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi dengan uang kita tidak bisa membeli waktu.

Kemudian dia tanya lagi,

“Terus kenapa banyak orang yang rela mengorbankan waktu berharganya demi mendapatkan uang?”



Karena sudah terbentuk paradigma. Menurut mereka, uang adalah segalanya. Entah itu gimana caranya yang penting mereka bisa mendapatkan uang. Termasuk membunuh waktu berharga mereka.

“Huh bingungin ya. Uang memang penting, untuk beli makan biar enggak mati. Tapi apa gunanya uang kalau kita enggak punya waktu untuk merasakan hidup. Semuanya saling berkaitan. Sama kayak ayam dan telur duluan mana.”

***

Menurut Imam Syafi’i Rahimullah, “Waktu ibarat pedang. Jika engkau tidak menebasnya maka dialah yang akan menebasmu. Dan jiwamu jika tidak kau sibukkan dengan kebenaran maka dia akan menyibukkanmu dengan kebatilan.”

Analogi di atas sudah jelas. Kalau kita tidak menggunakan waktu dengan baik, maka kita akan melukai diri kita sendiri. Ia akan menyeret kita ke gerbang kesengsaraan. Ia akan merugikan diri kita sendiri. Seperti yang disebutkan dalam Q.S. Al- ‘Asr: 1-3,


“Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan saling menasihati dalam kebenaran serta saling menasihati dalam kesabaran.”

Sangat disayangkan jika orang-orang menganggap bahwa uang dapat menyelesaikan semua masalah di dunia ini. Mereka dibutakan oleh uang. Seharusnya uang hanyalah sebuah alat. Namun mungkin untuk saat ini tidak seperti itu. Merekalah yang diperalat oleh uang. Miris sekali.

Banyak juga orang yang mengatakan bahwa, Time is Money. Tapi menurut saya, waktu bukan hanya sekadar uang. Waktu adalah segalanya.

by Farida Durrotun N
Hadist tentang waktu. Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi.


Saya juga pernah membaca buku tentang pentingnya waktu. Menurut hadist riwayat At-Tirmidzi, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan bergeser telapak kaki seorang hamba pada hari Kiamat sampai ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, masa mudanya untuk apa ia gunakan, hartanya dari mana ia peroleh dan ke mana dibelanjakan, serta ilmunya apa yang diamalkannya.”


Jangan sampai menyesal karena tidak menggunakan waktu kita dengan baik. Waktu itu sebuah nafas. Jadi, buatlah yang berarti. Kita harus mampu mengatur waktu dengan baik. Gunakanlah lima kesempatan sebelum datang lima kesempitan. Masa muda sebelum masa tua, masa sehat sebelum masa sakit, masa kaya sebelum masa sibuk, masa luang sebelum masa sibuk dan masa hidup sebelum masa mati.

***

Saya ngepos tulisan ini sekadar buat reminder diri sendiri nih. Soalnya dari dulu saya susah kalau suruh mengatur waktu. Banyak pekerjaan yang sering saya tunda. Dan pas ngetik ini, seketika saya kepikiran tugas sekolah yang wuuh banyak banget ternyata. Nih, dari temen saya.

Tuh tugas-tugasnya. Ada yang mau bantu ngerjain?

Itu belum semua. Masih ada tugas B.Indonesia membuat karya ilmiah sama Biologi membuat MMT. Ya, memang sih, saya libur seminggu. Tapi sungguh disayangkan, soalnya sampai saat ini belum ada satupun tugas yang saya sentuh.

Aaah saya harus gimana dong? Seketika kamar saya banjir nih, saking banyaknya air mata yang sudah saya keluarkan. *ini bohong, jangan percaya*

Bingung mau ngerjain tugas darimana dulu. T_T

Tolong dong beri masukan gimana cara biar bisa mengatur waktu dengan baik. Biar bisa menghilangkan kebiasaan buruk saya. Biar bisa lebih produktif. Biar bisa banggain orang tua. Biar bisa bermanfaat bagi orang-orang di sekitar saya. Biar bisa, biar bisa, biar bisa move on dari mantan. *eh

9 comments:

  1. penting waktu dong. Soalnya waktu gak bisa dibalikin walopun jaminannya emas sekalipun.. kalo aku biasanya, kalo uda mulai males ngerjain sesuatu, inget aja kalo males itu temennya setan, dan ALLAH gak suka.. Insya Allah bikin semangat lagi :)

    ReplyDelete
  2. Uang memang bukan segalanya tapi terkadang segalanya butuh uang :D penting waktu ya daripada uang percuma banyak uang ketika semuanya terkumpul terus modar :D kan percuma

    ReplyDelete
  3. waktu dan uang, aku pilih waktu.. karena waktu itu bisa dibeli ataupun dicari. Ketika waktu telah lewat maka waktu akan lewat selamanya tanpa bisa kita cegah

    ReplyDelete
  4. TIME OR MONEY?
    Kita terlalu disibukkan mencari uang tanpa melihat suatu keberkahan. Sehingga waktu beribadah terlewatkan. Ane juga masih belum bisa tepat waktu soal ibadah. Jika waktu ibadah digunakan insyaallah uang akan datang dengan sendirinya. Maksud saya rizki, bukan uang.

    ReplyDelete
  5. waktu yang berharga lebih banyak digunakan orang (usia kerja) untuk mendapatkan uang,
    jadi sama berharganya lah...
    tp lebih sedikit ke waktu, karena waktu kita yang hilang ga bisa dibalikin lagi.. beda sama uang. ia bisa datang kapan aja, bahkan tanpa kita sangka-sangka

    ReplyDelete
  6. kaaa bantuin saya kimia dong :D kakak coba ask saya deh, nanti saya pap pict nya yaayaya;)

    ReplyDelete
  7. aku pilih waktu. uang? uang bisa dicari selama masih ada waktuuuuuuu *nyanyi lagunya dmasiv*

    ReplyDelete
  8. Yups bener banget... untuk apa uang jika kita tak punya waktu utk memanfaatkannya?
    Nice post.. semoga makin pinter ngatur waktunya

    ReplyDelete
  9. saya pilih di tengah tengah aja, yang sedang sedang saja. salam kenal ya

    ReplyDelete

Sampaikan komentar kamu :D