Pages

June 29, 2014

Sepuluh Tahun yang Akan Datang



Pernah nggak sih membayangkan bagaimana kita sepuluh tahun yang akan datang? Bagaimana kita, orang tua, keadaan lingkungan dan semua hal pada waktu sepuluh tahun yang akan datang?



Kalau kita membicarakan masa depan memang tidak akan ada habisnya. Saat ini kita hanya bisa bertanya-tanya. Akan menjadi apa kita. Siapa pendamping hidup kita. Bagaimana kehidupan kita. Di mana rumah kita. Apakah anak kita perempuan atau laki-laki. Dan masih banyak lagi. Dan jawaban dari pertanyaan kita akan terjawab. Kita hanya perlu menantinya saja.



"Ketetapan Allah pasti datang, maka janganlah kamu meminta agar dipercepat datangnya." 
(Q.S. An-Nahl:1)



Hmm, sepuluh tahun yang akan datang. Jangan terlalu takut sama masa depan. Jangan mendahului sesuatu yang belum terjadi. Biarkan aja dia dateng dengan sendirinya. Semua hal udah digariskan oleh-Nya. Kita boleh banget buat bermimpi dan berkhayal. Tapi jangan terlalu berlebihan dan menyebabkan kita sedih dan ngerasa depresi.



Masa depan tergantung kita sekarang. Bagaimana kita mewujudkannya. Mau males-malesan atau berusaha dengan giat itu terserah kita. Apa yang kita dapetin itu tergantung upaya kita. Selain itu, tergantung juga bagaimana kita dekat dengan Tuhan.



Yang penting lakukanlah terbaik untuk hari ini, lakukan terbaik untuk setiap hari. Karena kita juga nggak tau kapan ajal akan menjemput. Bisa jadi kita meninggal saat udah tua pas udah punya banyak cucu. Atau mungkin bisa jadi hari ini kita akan meninggal. Dan meninggalkan orang-orang sekitar untuk selamanya. 

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdaya. ( Q.S. Ali Imran: 185)


Yah, jadi, intinya kapanpun dan di manapun, lakukanlah banyak hal yang bermanfaat buat diri kita dan sekitar. Lakukan yang terbaik untuk memperbaiki diri. Biar kita bisa selalu bahagia dan nggak menyesal di kemudian hari :)



***



Sebenernya nulis kayak gini karena ya malem ini aku emang lagi galau
Ngebayangin gimana jadinya aku sepuluh tahun yang akan datang.

Entahlah. Kayak ngerasa ada yang emm gimana gitu.

Bukannya takut apa gimana.

Tapi ya gimana yaa, ya gitu deh pokoknya.

Hahaha. Ini semakin nggak jelas aja-_-

Udah ah gitu aja deh curhatnya.



Btw, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Semoga puasa tahun ini lancar dan selalu mendapatkan keberkahan. Aamiin.

5 comments:

  1. Wah lagi banyak yang membahas masa depan dan masa lalu nih.
    Yap benar tuh mbak sist. Mimpi boleh asal jangan kebawa mimpi.

    ReplyDelete
  2. mimpi bisa jadi awal dari segalanya, bermimpilah maka kau akan tergerak untuk mewujudkannya :)

    ReplyDelete
  3. ah... jadi ikutan galau, kebayang-bayang masa depan. tapi, juga masih nyusun mimpi. :)

    ReplyDelete
  4. ah jadi ikutan galooo.. kak! :(

    ReplyDelete
  5. posting yang menarik, bisa bikin kita berjuang keras untuk merubah masa depan lebih baik

    ReplyDelete

Sampaikan komentar kamu :D