Pages

November 4, 2018

Mengamati Komentar Netizen di Media Sosial

Liburan kali ini membuatku malas untuk melakukan apa-apa. Alhasil, sebagian besar waktu luangku hanya kugunakan untuk memantau media sosial, baik untuk mencari isu-isu yang sedang viral maupun sekadar membaca komentar-komentar netizen.

Mungkin kalian menganggap kalau kegiatanku ini sia-sia dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Tapi, benarkah demikian? Hmm, aku rasa tidak.

Memang benar sih, ada banyak hal positif lain yang bisa aku kerjakan. Namun, bukankah scroll media sosial itu merupakan salah satu cara agar mendapatkan ilmu dan pengetahuan? Bermanfaat gak tuh? Bermanfaat benget dong ya! Haha, nggak juga deng! Ini cuma pembelaan dari diri aku yang pemalas saja.

Eh, tapi benar lho. Dengan membaca berita beserta komentarnya warganet, kita jadi bisa mengetahui bagaimana pemikiran dan perspektif orang-orang. Ada orang yang memang tahu akar permasalahan dan tahu cara menyelesaikannya, ada orang yang cuma sok tau dan sok pintar, dan ada pula yang bisanya cuma menghujat dan menjelek-jelekkan orang lain.

Bagaimana dengan orang seperti aku? Aku sih cuma bisa senyum-senyum, geleng-geleng, atau angguk-angguk sendiri. Aku masih perlu banyak belajar terkait kritik. Karena menurutku, untuk mengomentari atau mengkritik suatu masalah dengan tepat, kita perlu memberikan pendapat yang nggak sekadar haha hihi aja.

Kalau memang ada data, ya dicari dan dicantumin datanya. Kalau memang belum bisa menyajikan argumen dengan benar di dunia permedsosan, ya cukup buat diri sendiri atau orang di sekitar aja. Kalau memang belum begitu pintar untuk memberikan edukasi, ya belajar lagi.

Nggak lucu kan kalau kalian mengomentari A, tapi ternyata yang benar B. Atau, kalian sudah berkomentar dengan panjang lebar, tapi ternyata isi komentarmu itu nggak nyambung sama sekali sama hal yang kamu komentari.

Ya, meskipun masih banyak orang yang tak tahu aturan saat berkomentar, tapi aku salut karena masih banyak pula orang yang kritis dan berani mengungkapkan kebenaran di tengah peliknya permasalahan.

No comments:

Post a Comment

Sampaikan komentar kamu :D